SELAMAT DATANG DI BLOG SMPN 1 PENUKAL - MUARA ENIM - SUMSEL... KUALITAS PENDIDIKAN MERUPAKAN CERMIN PERADABAN SUATU BANGSA... WAHAI PARA GURU...MARI SATUKAN LANGKAH DEMI KEJAYAAN INDONESIA...JADILAH GURU BERMARTABAT DAN BERWIBAWA...HAPUS TINDAKAN KEKERASAN TERHADAP SISWA...JADILAH TELADAN BAGI PARA SISWA...JADILAH GURU YANG SESUNGGUHNYA...GURU ADALAH ORANG YANG MENANAMKAN ILMU DAN NILAI-NILAI KEMANUSIAN...GURU YANG BAIK ADALAH GURU YANG BISA MENJADI TELADAN...

Wednesday 22 July 2009

Ikatan Alumni SMPN 1 Penukal, Mungkinkah?

Oleh : Edi Suswanto,S.Pd
(di usianya yang sudah seperempat abad, para alumni hingga kini belum memiliki wadah untuk mengadakan silaturrahim, mengapa belum digagas sebuah ikatan?)

Kini SMP Negeri 1 Penukal sudah menginjak usia ke-25 tahun. Di usianya yang sudah cukup matang ini sudah menghasilkan lulusan di atas angka 2000-an. Sebuah angka yang cukup fantastis! Para alumni kini sudah menyebar ke hampir semua kota di Indonesia. Banyak di antara mereka yang sudah sukses dengan posisi jabatan yang cukup tinggi, baik di pemerintahan,TNI/POLRI atau perusahaan multi-nasional mungkin juga internasional.

Di usianya yang cukup dewasa itu, ada sesuatu yang kurang. SMP Negeri 1 Penukal yang dulunya bernama SMP NEGERI 2 Talang Ubi belum memiliki Ikatan Alumni. Sebenarnya sudah lama saya ingin mengagas ikatan ini namun pada waktu itu belum ada media yang dapat menjembatani antara sesama alumni. Dan kini setelah SMP Negeri 1 Penukal mempunyai blog, dapat dijadikan media tukar pandangan dan pendapat tentang pentingnya sebuah ikatan alumni.
Mengapa ikatan alumni itu penting ? Ada beberapa alasan yang melatar belakanginya.
1. dapat menjadi tempat silaturrahim antar alumni SMPN 1 Penukal
2. dapat menjalin kerja sama dalam kegiatan sosial atau bisnis.
3. dapat saling membantu memberikan informasi tentang lapangan kerja
4. memberikan perhatian untuk kemajuan SMPN 1 Penukal.
5. memudahkan membangun jaringan sosial (social network) antar alumni dalam rangka implementasi ide-ide,sosialisasi dan kontribusi sosial (social contribution).
Hal ini tentu masih harus disosialisasikan kepada segenap alumni yang kini sudah banyak hidup merantau di kota-kota atau daerah- daerah di Indonesia. Baik yang sudah bekerja,berkeluarga, masih berstatus mahasiswa atau siswa SMA/SMK..
Untuk itu, saya mengundang para alumni untuk memberikan saran, pendapat atau komentar tentang ide ini. Laksana kapal pesiar, saya cuma menyediakan menyediakan kapal,fasilitas dan akomodasi gratis….!!! untuk kalian rapat,tukar pendapat,bermusyawarah,berembug,bikin agreement, saling memberikan contact person, de..el..el…
Mungkinkah Ikatan Alumni SMPN 1 Penukal terwujud ? semuanya tergantung para alumni kapan bisa berkumpul dan mengadakan pertemuan untuk membahas rencana ini. Sekedar usul, biasanya kebanyakan orang mudah dan punya waktu untuk berkumpul pada saat hari ke-3 setelah Hari Raya Idul Fitri tahun ini 1430 H. Mumpung masih ada waktu silahkan layangkan komentar,saran dan pendapat kalian. Undang teman-teman dan para alumni untuk terlibat memberikan masukan. Kemukakan pendapat anda, sebaiknya bagaimana mengwujudkan ide ini. Siapa yang bisa dijadikan koordinator sementara sampai kepengurusan terbentuk. Oke beri komentar segera di bawah…



5 comments:

  1. As.Ikatan Alumni sangat mungkin ada. untuk halni nanti aq rembukkan lagi dengan anak2 atau kawan kawan yang ada d palembang.Insyaallah aq siap membantu untuk terlaksananya rencana ini.Amiiiiin.

    ReplyDelete
  2. Ass,
    Dear...All teacher SMPN 1 PENUKAL
    Saya setuju sekali atas ide yg diajukan pak Edy,mungkin memang sudah saatnya smp kita mempunyai ikatan alumni,dimana ikatan itu bisa menyambung lagi tali silaturahmi antara bekas murid dan guru,iktan ini juga nantinya bisa dijadikan sebagai wadah untuk bertukar pikiran,mengenang kembali masa-masa di smp dulu,berbagi pengalaman masing-masing apa yg sudah didapat selama mengejar cita-cita,dll.Saya juga akan menkonfirm ke semua teman-teman alumni agar ikut turut mendukung ide bapak ini.Sudah saatnya pak smp kita bangkit dari ketertinggalan dan maju mengikuti perkembangan zaman.i support your idea sir.

    ReplyDelete
  3. saya juga sangat setuju sekali dengan idenya pak Edy karena ikatan alumni sangat penting untuk mengikat silaturahmi dengan guru-guru dan temana-teman yang sdh lama tidak bertemu dan juga bisa bertukar pendapat, fikiran dan informasi yang selama ini kita dapat dari berbagai sumber baik kerja maupun sekarang masih berstatus kuliah atau sekolah dimana kita merantau.

    ReplyDelete
  4. slm kenal buat adik2 dan rekan mantan SMPN Air Itam anggatan 1989..
    Nama: Hairul Effendi
    Sekarang sebagai pegawai swasta di provinsi Jambi..
    Kalo gurunya masih ada;
    1 Pak Warren, Ibu Dewi, Pak Eko salam dari sy mantan anak didik bapak/ibu tahun 1986-1989.
    Saya berasal dari desa Sukaraja....

    Oh saran saya tolong di update situsnya..

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum, perkenalkan saya depriansyah ade saputra alumni th 2004 smpn2 tl ubi(kala itu).angkatan ariandi,n pipin lia anggraini yg saat ini mnjdi guru ipa D sklh ini. Saya sangat bangga n brsyukur dhulu prnh menimba ilmu di sekolah ini,tlh mndpt bnyk ilmu dr guru'' yg bgtu luar biasa dedikasi, semangat n perjuangannya dlm mengajar kami kala itu, bgtu sabar dlm mnghdpi kmi para murid yg mgkn tak patuh,tak henti''nya bgtu semangat memotivasi kmi dlm bljr, subhanallah. insya allah sy tdk akn prnh melupakan jasa'' guru''ku yg bgtu ku cintai,ku kagumi n sngt kuhormati hingga detik ini,insya allah. rasanya tnpa kebaikan n keikhlasan guru'' kmi kala itu dlm mngajari kmi, kmi tdk akn bs sprti sprti skrg ini.guru'' yg senantiasa memotivasi n menginspirasi kami. smga perjuangan guru'' kami berkah,Allah ganjarkan dgn pahala yg berlipat ganda.kmi prcya prjuangan guru'' kmi yg tulus n ikhlas akn menjadi ladang pahala utknya di surga kelak.smga sekeluarga sehat selalu.diberikan rezeki yg melimpah n berkah.amin ya rabbal al amin. Kmi haturkan terima kasih yg mndalam truntuk guru'' kami. Ingin sekali rasanya suatu saat dpt brsilahturahmi dgn guru''ku yg kucintai, pak edi suswanto,pak agus,pak sumantri,pak satmata, ibu marni,ibu heni,ibu hasmiaty,ibu nurjanah,pak edi,ibu dewi,pak legar,pak kim.. n guru'' lainnya yg maaf mgkn tk dituliskan. Wassalamualaikum

    ReplyDelete